Gizi untuk Bikin Lebih Konsentrasi


Aktivitas serta desakan pekerjaan sering memunculkan banyak permasalahan. Masalah kesehatan dari mulai depresi sampai intimidasi kekurangan nutrisi bisa turunkan produktivitas dalam tempat kerja. Situasi kesehatan juga rawan alami pengurangan serta membuat badan rawan pada penyakit.

Untuk memperhitungkan permasalahan ini, beberapa pekerja kantoran perlu ‘lebih melek' masalah keutamaan konsumsi gizi serta nutrisi. Sebab kenyataannya, unsur nutrisi menggenggam peranan penting dalam mendukung produktivitas di kantor.

Menurut ahli gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia (FKUI) dr Samuel Oetoro, mereka yang tetap repot di kantor tidak bisa meremehkan konsumsi gizi sebab berefek pada berkurangnya kekuatan memikir serta produktivitas.

Oetoro menjelaskan, keperluan kalori manusia /hari rerata ialah seputar 2.000-2.300 untuk pria, serta 1.500-1.800 untuk wanita. Tetapi memenuhi keperluan kalori saja belum cukup untuk jaga produktivitas, Dia mengutamakan, pentingnya memberikan perhatian spesial pada konsumsi nutrisi, terutamanya gizi yang komplet serta setimbang.

"Nutrisi yang komplet serta setimbang itu terbagi dalam karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral. Sumbernya juga penting diingat untuk memperoleh zat gizi yang semakin sehat," katanya pada Kompas Health.

Samuel menerangkan, sumber nutrisi yang sehat dapat datang dari pilihan beberapa makanan spesifik yang semakin sehat. Penyeleksian tipe makanan ini jadi point penting sebab walau jumlah kalori yang dianjurkan telah terpenuhi, tetapi bila pilihan makanannya salah, produktivitas tetap turun.

Kecuali intimidasi kekurangan gizi, permasalahan yang sering ditemui golongan pekerja kantoran ialah perasaan gampang lapar. Tidak bingung bila banyak pekerja kantoran yang dari tahun ke tahun berat tubuhnya terus alami kenaikan.

Untuk mengakali rasa lapar yang sering menggempur dalam tempat kerja, ahli gizi Fiastuti Witjaksono, merekomendasikan skema makan tinggi protein. "Jika umumnya kita dianjurkan untuk mengonsumsi protein 15-20 %, untuk diet spesial ini makanlah protein sampai 40 % dari keseluruhan kalori," tuturnya.Keperluan protein itu dapat didapat dari bermacam sumber seperti putih telur, ikan, kacang-kacangan, atau susu tinggi protein. Supaya semakin efisien, Fiatuti menyarankan untuk menggabungkan protein dengan serat.Walau demikian, diet tinggi protein ini tidak dianjurkan untuk dilaksanakan tiap hari. "Kita dapat memilihnya waktu sarapan atau malam hari untuk menu makan malam di waktu harus lembur," tuturnya.Kenyataannya, memenuhi keperluan nutrisi khususnya protein memang penting berarti buat kekuatan memikir serta fokus. Satu studi paling baru memperlihatkan, konsumsi nutrisi terutamanya protein mempunyai peranan dalam menolong memberikan dukungan daya pikirkan serta fokus. 

Analisa yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition 2013 edisi online mendapatkan, pemberian suplemen makanan protein bisa menolong tingkatkan peranan kognitif terutamanya buat orang dewasa. Studi beberapa pakar dari Departemen Psikiatri, Fakultas Kedokteran serta Pengetahuan Kesehatan, Kampus Putra Malaysia ini menyertakan 46 peserta yang dipisah jadi dua barisan dengan cara acak. Peserta terbagi dalam wanita serta pria yang berumur di antara 35 sampai 65 tahun. Peserta tidak mempunyai penyakit apa saja yang memerlukan penyembuhan.

Beberapa periset ini memberi dua perlakuan pada peserta, barisan pertama dikasih suplemen protein dari saripati ayam (essence of chicken) semasa enam minggu. Sesaat barisan yang lain dikasih plasebo untuk pengimbang. 

Pada awal serta akhir pemberian perlakuan, beberapa peserta jalani tes untuk tentukan peranan kognitif mereka seperti tes perhatian serta ingatan. Hasilnya, keseluruhannya, peserta yang dikasih suplemen protein mempunyai score yang lebih bagus sesudah dikasih perlakuan dibanding dengan barisan plasebo. Ini berarti, suplemen protein mempunyai peranan untuk tingkatkan peranan otak yang mengendalikan daya fokus serta peranan kognitif ke orang dewasa sehat.

Popular posts from this blog

7 Jenis Seafood Ini Perkecil Risiko Sakit Jantung

Makan Setelah Pukul 8 Malam Bikin Gemuk?

Seks Bikin Otak Tambah Cerdas?